Jadi Pengusaha Sukses, Ternyata Begini Gaya Jack Ma Perlakukan Karyawannya

Siapa sih yang gak kenak pengusaha sukses asal Cina itu, Tentu tak lain yaitu Jack Ma yang kabarnya akan berkunjung ke Indonesia. Jack Ma menurut info yang beredar akan hadir dalam upacara penutupan Asian Game 2018. Jack Ma yang dulunya pernah berprofesi sebagai guru bahasa Inggris memutuskan untuk mendirikan Alibaba Group pada tahun 1999 bersama 17 temannya. Situs Alibaba sendiri didirikan untuk mempertemukan penjual kecil, mikro, UMKM dengan pembeli.


Dulu Alibaba dibuat diapartemen kecil milikNya dan tak tanggung tanggung saat ini perusahaan tersebut sudah mendunia. Tentu sebagai pendiri perusahaan Jack Ma pernah memimpin karyawannya dari puluhan hingga ribuan karyawan.

Ada beberapa hal yang dilakukan Jack Ma untuk menyemangati karyawannya. Simak Ulasan berikut ini :

  1. Jack Ma selalu memelihara lingkungan kantornya yang nyaman dan menyenangkan. Pertama kali Alibaba mendapatkan keuntungan, Jack Ma memberikan setiap karyawannya sekaleng silly string untuk memberikan rasa syukur serta merayakannya. Silly string merupakan semprotan yang bisa membuat jaring lengket yang dapat disemprotkan ke orang tertentu. 
  2. Pada awal tahun 2000, Jack Ma meluncurkan situs terbarunya yaitu web e-commerce Taobao. Timnya diminta untuk melakukan hand stand selama istirahat untuk meningkatkan performa energinya. 
  3. Jack Ma merupakan sosok sang penghibur, Pada waktu acara ulang tahun perusahaan, ia pernah berdandan sebagai punk rock untuk dapat menghibur karyawannya. Tentu Jack Ma tidak malu walaupun dengan memakai wig dan bernyanyi soundtrack, Lion King didepan karyawan - karyawannya. Pada kesempatan yang lain Jack Ma juga pernah berperan sebagai Michael Jackson dengan mengenakan pakaian hitam dan menari layaknya Michael Jackson dihadapan ribuan pekerjanya. 
  4. Setelah dirasa perusahaanya makin sukses, Jack Ma meminta kepada karyawan untuk memberikan dan berbagi kekayaanya kepada sekelompok orang yang membutuhkan. " Menjadi sekelompok orang yang mampu membantu orang lain, dan menjadi orang yang baik dan bahagia," katanya. 
Load disqus comments

0 comments